Perpustakaan Desa




Perpustakaan adalah sebuah tempat yang mengkoleksi buku dan majalah. Perpustakaan lebih umum dikenal sebagai koleksi besar yang dibiayai dan dioperasikan oleh sebuah kota atau institusi, serta dimanfaatkan oleh masyarakat yang rata – rata tidak mampu membeli sekian banyak buku atas biaya sendiri.

Tujuan :
            Salah satu media/sarana untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan membaca guna mencerdaskan kehidupan masyarakat desa/kelurahan adalah perpustakaan, oleh karena iru maka secara umum tujuan penyelenggaraan Perpustakaan Desa adalah :
1.    Untuk menunjang program wajib belajar
2.  Menunjang program kegiatan pendidikan seumur hidup bagi masyarakat
3.    Menyediakan buku – buku pengetahuan, maupun keterampilan untuk mendukung keberhasilan kegiatan masyarakat di berbagai bidang, misalnya :
            -          Pertanian yang produktif
            -          Perikanan, peternakan, perindustrian
            -          Pengolahan, pemasaran, dan lain – lain.
4.   Menggalakkan minat baca masyarakat dengan memanfaatkan waktu luang untuk membaca agar tercipta masyarakat kreatif, dinamis, produktif, dan mandiri.
5.  Menyimpan dan mendayagunakan berbagai dokumen kebudayaan sebagai sumber informasi, penerangan, pembangunan dan menambah wawasan pengetahuan masyarakat pedesaan.
6.     Memberikan semangat dan hiburan yang sehat dalam pemanfaatan waktu senggang dengan hal – hal yang besifat membangun.
7.    Mendidik masyarakat untuk memelihara dan memanfaatkan bahan pustaka secara tepat guna dan berhasil guna.
Fungsi
Tugas pokok perpustakaan desa/ kelurahan adala melayani masyarakat dengan menyediakan bahan purtaka/bacaan yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat yang dilayani.
Adapun fungsi perpustakaan desa/kelurahan adalah sebagai berikut :
     1.      Mengumpulkan, mengorganisasikan & mendayagunakan bahan purtaka tercetak maupun terekam.
     2.      Mensosialisasikan manfaat jasa perpustakaan.
     3.      Medekatkan buku dan bahan pustaka lainnya kepada masyarakat.
     4.      Menyediakan perpustakaan desa/kelurahan sebagai pusat komunikasi dan informasi.
   5.  Menyediakan perpustakaan desa/kelurahan sebagai tempat rekreasi dengan menyediakan bacaan hiburan sehat.

DESKRIPSI PERPUSTAKAAN DESA BANJAR TABULU

         Perpustakaan desa ini tepatnya berada di Dusun Barat Sungai Desa Banjar Tabulu. Perpustakaan ini biasa digunakan sebagai perkumpulan ibu – ibu PKK yang melakukan kegiatan rutinan, juga biasa digunakan sebagai tempat penyuluhan kepada warga Desa Banjar Tabulu. Banyak koleksi buku yang terdapat di perpustakaan ini, mulai dari buku belajar membaca dan berhitung bagi anak – anak usia dini, buku pengetahuan sosial, buku sains, buku kesehatan, buku agama, biografi, novel hingga buku yang diperuntukkan bagi mahasiswa pun ada. Memang tidak lengkap seperti koleksi yang ada di perpustakaan daerah kabupaten/propinsi, namun buku – buku tersebut dapat dijadikan referensi karena banyak diantaranya yang merupakan edisi terbaru.

        Buku – buku yang ada diperpustakaan ini diperoleh dari APBN tahun 2011 tentang perpustakaan desa. Koleksi buku tertata rapi pada dua rak buku satu muka dan satu rak majalah berkaca. Belum ada meja maupun kursi yang terdapat di perpustakaan tersebut, sehingga pengunjung hanya dapat membaca dengan duduk lesehan diatas tikar. Walaupun begitu perpustakaan tersebut bersih dan nyaman untuk ditempati. Pengunjung bebas untuk meminjam buku, namun masih belum diperbolehkan jika dibawa pulang, karena belum ada petugas yang berjaga di perpustakaan desa tersebut. Perpustakaan desa di kelola sendiri oleh istri kepala desa yang juga merupakan ketua PKK.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar