Selasa, 31 Juli 2018

KUNJUNGAN DINAS KETAHANAN PANGAN KABUPATEN SAMPANG






Desa banjar tabulu merupakan salah satu desa yang dituju oleh Badan Ketahanan Pangan Kabupaten Sampang. Pada tahun 2018 ini Badan Ketahanan Pangan akan memfokuskan kegiatan pada upaya pengentasan kemiskinan melalui padat karya. Pengentasan kemiskinan ini dilakukan dengan cara optimalisasi kegiatan padat karya untuk menyerap tenaga kerja melalui kawasan rumah pangan lestari. Rumah pangan lestari sendiri merupakan rumah penduduk yang mengusahakan pekarangan secara intensif untuk dimanfaatkan dengan berbagai sumberdaya lokal secara bijaksana yang menjamin kesinambungan pnyediaan bahan pangan rumah tangga yang berkualitas dan beragam.
Setiap tahun Badan Ketahanan Pangan memiliki lima lokasi yang sasarannya adalah ibu – ibu PKK di tingkat desa. Ini merupakan kali kedua badan ketahanan pangan mengunjungi dan memberikan penyuluhan mengenai kawasan rumah pangan lestari di Desa Banjar Tabulu. Dalam pertemuan kedua ini Badan Ketahanan Pangan akan memberikan pembinaan teknis, dimana ibu – ibu akan secara langsung melakukan pencampuran media tanam dan kemudian memindahkan tanaman yang sudah di bibit dan disemaikan terlebih dahulu, setelah itu dipindah tanam ke dalam polybag yang diletakkan ke dalam green house. Green house hasil praktek yang dilakukan oleh ibu – ibu PKK bersama dengan Badan Ketahanan Pangan berada di pekarangan warga dekat dengan Poskesdes tapatnya di Dusun Barat Sungai.
Penyuluhan tersebut langsung disampaikan oleh Bapak Slamet sebagai pelaksana penyuluhan. Selanjutnya tanaman yang telah dicontohkan oleh Badan Ketahanan Pangan tersebut akan dipelihara dan dirawat oleh ibu – ibu PKK dan kemudian dapat dimanfaatkan secara ekonomis, misal dijual kepada tetangga – tetangga dan kemudian ditanam kembali untuk dapat dikatakan sebagai rumah pangan lestari.
1. Badan Ketahanan Pangan memberikan penjelasan kepada ibu - ibu PKK
2. Pemberian arahan pemindahan bibit tanaman
3. Persiapan media tanam
4. Pencampuran tanah dan pupuk
5. Menempatkan tanah ke dalam polybag 
6. Pemindahan bibit tanaman ke dalam polybag
7. Penyiraman air pada tanaman
Foto Badan Ketahanan Pangan dan PKK Desa Banjar Tabuli

Tidak ada komentar:

Posting Komentar